Tim UG IBC
· Perbedaan game dulu dan sekarang (2D ke 3D).
Dewasa ini siapa yang tidak suka bermain game? Tidak hanya anak-anak tetapi bahkan orang dewasa terkadang juga bermain game. Well termasuk saya juga suka, untuk bermain game mulai dari PS, X-Box sampai PC. Dan alasannya biasanya untukrefreshing atau penasaran akan game itu sendiri. Tapi apapun itu alasannya, kita tahu bahwa setiap orang senang untuk bermain game.
Tapi kali ini saya tidak akan membahas kenapa setiap orang senang bermain game tetapi saya akan sedikit bercerita mengenai perkembangan game dan juga perbedaannya. Pertama perkembangan game tidak terlepas dari kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang mana terciptanya game sendiri juga dimulai dengan adanya teknologi komputer. Dan kita tahu sekarang teknologi visualisasi gambar memungkinkan untuk suatu objek terlihat lebih hidup. Maka dari itu disini saya akan membahas perkembangan dan perbedaannya dalam beberapa poin.
1. Pencitraan
Pencitraan sangat berkembang sejak dari tahun 1990 dan seiring berjalannya waktu mulai dikembangkannyalah OpenGL sebagai API untuk objek dan visualisasi 3D. Walaupun game telah dikenal sejak dibuatnya komputer destop, tetapi teknologi pada saat itu masih belum mendukung untuk menjadi game yang banyak kita lihat sekarang ini. Dengan teknologi yang masih terbatas pada saat itu game baru bisa dibuat dengan tampilan yang secara geometri adalah 2D yaitu panjang x lebar . Contoh game yang pada saat itu menggunakan konsep 2D adalah seperti game, “Mario Bross”,”Zelda”, “Rockmen” dan beberapa game yang dulu dimainkan di Sega, nintendo, Game Boy dan alat permainan 2D lainnya.
Game 3D berkembang sejak tahun 1990-an sampai berkembang menjadi sekarang ini dengan detail yang baik dan desain yang sangat halus pada saat di render. Dengan berkembangnya OpenGL sebagai API Open Source untuk pengembang game dan animasi. Juga terdapat software dan hardware yang mendukung untuk menampilkan game 3D. Secara geometri 3D merupakan suatu objek yang memiliki dimensi panjang x lebar x tinggi.
Sebagai tambahan untuk perkembangan grafis, seperti animasi dan game pada saat sekarang ini telah berkembang menjadi AR(Augmented Reality) dan VR(Virtual Reality) . Sehingga membuat tampilan menjadi semakin hidup dan membuat eksperien yang lebih baik kepada user dan lebih menyenangkan.
2. Software
Perkembangan teknik algoritma telah memungkinkan pembuat aplikasi untuk mengembangkan game menjadi semakin baik. Mulai dari API untuk melakukan rendering algoritma tersebut telah dikembangkan menjadi semakin baik dan menghemat resourcekomputer atau mesin dan menjadi lebih efisien seperti yang kita rasakan sekarang ini. Pada periode tahun 1980 sejak komputer desktop pertama dikembangkan game masih dibuat dengan sangat sederhana. Dilakukan dengan bahasa pemrograman seperti C , prolog dan lainnya. Sekarang dengan perkembangan teknologi pembuatan game bisa dilakukan hanya dengan enggine game tertentu, yaitu hanya dengan menginstall suatu software yang meng-generate suatu objek dan game secara user friendly.
3. Hardware
Teknologi yang maju telah membuat hardware menjadi semakin powerfull, murah dan kecil, hal ini dimanfaatkan oleh para pengembang citra dan game. Yang menjadi masalah saat membuat objek dan animasi 3D untuk game sekarang ini adalah sumber daya mesin yang tidak mencukupi. Proses rendering akan sangat lama dengan menggunakan hardware yang mempunyai spesifikasi lama. Maka teknologi hardware sekarang mengatasi masalah tersebut. Rendering bukan lagi menjadi masalah, pembuatan objek apapun bisa di realisasikan.
4. Gameplay
Jika anda pernah bermain game pada tahun 1989-an sampai sekarang ini maka bagi anda akan sangat jelas perbedaan yang terlihat pada gameplaynya. Pada game berjenis 2D maka gameplaynya terasa sangat membosankan apa lagi ketika anda sudah merasakangameplay dari game berjensi 3D. Game berjenis 3D membuat tampilan yang menarik dan permainan yang lebih nyata dan seru bagi penikmat game. Jika anda pernah bermain game seperti “Fable” maka anda akan sangat tertarik(Promosi).
· Content components (bagaimana mengambil ide yang ada untuk membuat sebuah game yang menarik).
· Motion capture (mengambil gerakan secara lansung).
· Membuat game yang baik harus memiliki ini:
Ø Game yang menarik (contoh : angry bird dan point blank)
Ø Playability and game play
Ø Inovation controller game
· BCI (Brain Computer Interface)
Ø Medis, psikologi, stimulus
Ø Electro encephalography
Ø Neural impulse actuator
Ø Bermain game dengan menggunakan otak
Ø Game for create money
Ø Other factors for succesful game (timing adalah hal yang terpenting)
The rise of gaming (wong lok bien)
Indonesia memiliki potensi yang besar dalam dunia game
· Global reach
· Bagaimana game yang dibuat bisa menanjak
· Service and operation
· Kolaborasi antara semua pihak dalam pembuatan game
· Dengan adanya internet, orang dapat menjual gamenya sampai ke dunia
· Penjualan game online yang selalu menanjak
· Saat ini, buat game tidak sulit seperti dulu
· Seberapa kreativitasnya kalian dalam membuat game
· Marketing and promotion
· Prestasi orang indonesia dimata dunia
Game engine unity 3D and student chance in game industry (kim kyoung hwan)
· Game engine
· Price of game engine
· Unity 3D platform
Ø Ios
Ø Android
Ø Flash
Ø Pc
Ø Mac
Ø Ps3
Ø Xbox 360
Ø Wii
Ø Web player
Ø Blackberry
· User growth rate of unity 3D
· Works created by non-programmers
· Korea game education conditions
· Unity showcase 2014 (unity3d.com)
Mobile games market trends and succes startes (stephen cho)
· Status of the global mobile gaming market
· Major trends in the mobile games market major
· Emerging trends in the mobile games market
· Korea mobile game succes story
· Indonesian mobile game growth
Ø Mobile game yang paling terkenal dari aplikasi
Ø Perkembangan mobile game yang semakin meningkat dalam global marketing
Ø 30% mobile game meningkat di tiap negara
Ø Kalau ada platform baru muncul, maka company yang baru juga akan muncul. Dari pc berubah ke mobile platform
1. Status of korea mobile game succesful companies
ü Partnership
ü Momen yang tepat untuk launching
ü Mencari tau trend mobile gaming, baru launching
ü Untuk pemula peluangnya tidak terlalu besar, maka stephen cho ingin membantu sekalian berbisnis
ü Jangan ragu-ragu untuk membuat mobile gaming, pintar mencari teman untuk sharing dalam menemukan content
2. growth direction of the mobile game companies in indonesia
ü dimulai dari niat untuk menjalankan semua
ü mental
ü tujuan kearah global
ü perencanaan content
ü pintar graphics
ü peka untuk memenuhi kekurangan yang ada.
0 komentar:
Posting Komentar