Selasa, 21 Oktober 2014

Mengatasi Kejenuhan Di Situasi yang Tidak Di Inginkan

ROFATUL WIDAD
58411242 - 4IA12
Tugas Softskill Pengantar Bisnis Informatika

Jenuh adalah rasa bosan dalam melakukan suatu aktivitas yang itu-itu saja sehingga membuat kita tidak ingin lagi melakukan  sesuatu tersebut bahkan kita berniat ingin meninggalkan suatu aktivitas tersebut dan tidak ingin mengerjakannya selamanya.
Sebagian besar manusia yang aktif dalam beraktivitas pasti pernah mengalami yang namanya kejenuhan. Entah itu jenuh karena sekolah, pekerjaan, jenuh karena rutinitas yang sama dari hari ke hari, dari minggu ke minggu atau dari tahun ke tahun. Sebenarnya perasaan jenuh itu wajar datang pada kita atas apa yang telah kita lakukan, maka bersyukurlah jika teman-teman semua merasakan kejenuhan yang biasanya datang disaat puncak kesibukan atau hal-hal yang kita anggap basi atau hambar.
Sebab, menurut saya pribadi, setelah mengalami kejenuhan akan sesuatu, akan ada muncul yang namanya semangat. Semangat inilah yang akan membantu saya kembali termotivasi untuk menuntaskan segala pekerjaan yang belum selesai. Karena kejenuhan merupakan masalah semua orang maka untuk itu kita dituntut memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk mengatasi masalah ini.
Rasa jenuh dan malas seringkali datang saat sedang berada di tempat kerja karena banyak pekerjaan menumpuk yang belum terselesaikan. Jika hal tersebut terus dibiarkan lama dan berlarut-larut maka nanti akan menyebabkan pekerjaan jadi semakin terbengkalai.
Saya sebagai mahasiswa, tentu pernah merasakan jenuh pada aktivitas di kelas, di kampus, atau di rumah. Jenuh disaat menunggu dosen datang, jenuh disaat mendengarkan dosen menerangkan pelajaran atau jenuh saat menunggu. Yang biasanya saya lakukan disaat saya sedang jenuh adalah mencari hiburan, misalnya dengan mendengarkan music, membaca novel, bercanda sama teman-teman, atau makan. Pergi liburan bersama teman-teman, berkumpul dengan keluarga juga salah satu dari tidakan untuk menangani kejenuhan dan dapat menghilangkan rasa jenuh pada diri kita.
Biasanya, disaat rasa jenuh muncul, mood kita juga akan menjadi turun. Rasa jenuh bisa mengakibatkan efek yang negative bagi diri kita. Tidak jarang terjadi rasa jenuh bisa membuat kita malas, suntuk dan kekurangan motivasi dan akibat jenuh inilah membuat kita seperti hilang arah. Maka dari itu kita harus melawan rasa jenuh kita dengan cara kita sendiri.
Melawan rasa jenuh dapat dilakukan dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat. Jangan sampai kejenuhan kita dapat membuat kita melakukan hal-hal yang negative dan mengakibatkan kerugian pada diri kita sendiri dan orang lain. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Rofatul Widad. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger